Penyebab Penyakit Kulit|Kudap|Panu|Kudis|Kanker Kulit|Asma|Penyakit Jantung
..

Cara Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air

Cara Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air

mengobati kemasukan air
Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air - Keberadaannya air sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, hewan, dan tumbuhan. Namun, air juga bisa menimbulkan gangguan ketika keberadannya pada tempat yang tidak semestinya. Salah satu contohnya jika air masuk ke telinga manusia. Ketika hal ini terjadi, akan menimbulkan gangguan yang jika dibiarkan dapat menimbulkan infeksi, bahkan dapat merusak gendang telinga.

Kondisi telinga yang kemasukan air dapat terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak, misalnya saat mandi atau saat berenang terutama gaya bebas. Telinga yang kemasukan air tidak boleh dibiarkan terlalu lama, sebab dapat menimbulkan gangguan dan menimbulkan rasa sakit. Hal yang perlu dilakukan salah satunya dengan mengeluarkan air yang masuk ke telinga tersebut.
Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi telinga yang kemasukan air, seperti :
  1. Menekan Telinga dengan Telapak Tangan
    Cara sederhana mengatasi telinga yang kemasukan air ini bisa dengan cara memiringkan kepala sejajar dengan lantai. Kemudian, letakkan telapak tangan ke bagian telinga yang kemasukan air. Lalu, tekankan telapak tangan dengan lembut kelubang telinga yang kemasukan air dan lepaskan telapak tangan dengan cepat. Perlakuan ini akan memanfaatkan tangan berguna sebagai penyedot (vacum) yang membantu mengisap air keluar.

  2. Mengatur Posisi Tidur
    Cara lain mengatasi telinga kemasukan air adalah dengan mengatur posisi tidur. Posisi ini adalah dengan mmemiringkan kepala dengan meletakkan telinga yang kemasukan air pada bantal. Cara ini dimungkinkan dapat membantu Anda untuk mengatasi telinga yang kemasukan air tersebut dengan mengandalkan gaya gravitasi bumi.
  3. Meneteskan Campuran Alkohol dan Cuka
    Tidak hanya memanfaatkan tekanan tangan dan gaya grafitasi bumi untuk mengatasi telinga yang kemasukan air. Campuran alkohol dan cuka juga dapat dimanfaatkan untuk membantu mengeluarkan air yang masuk ke telinga. Caranya adalah dengan menetskan campuran alkohol dan cuka ke dalam telinga yang kemasukan air sebanyak 3-5 tetes. Setelah itu, segera miringkan kepala Anda dan diamkan beberapa saat. Jika terdengar suara hampa dari telinga, berarti telinga Anda telah bebas dari air yang masuk ke telinga tersebut. Hal ini disebabkan karena campuran alkohol dan cuka mampu mengeringkan air dalam waktu singkat.
  4. Menggunakan Pengering Rambut Panas pengering rambut dapat menjadi alternatif untuk mengeluarkan atau mengeringkan air yang masuk ke telinga. Cara ini harus dilakukan secara hati-hati dengan meminta bantuan teman Anda untuk membantu memegang pengering. Carannya adalah, atur mengatur panas paling rendah dan juga kecepatan angin yang rendah. Tidak hanya itu, atur juga jarak antara telinga dengan mesin pengering rambut tersebut sekitar 25 cm. Hal itu agar pengering rambut yang panas tidak terlalu dekat dengan telinga, karena jika terlalu dekat dikhawatirkan melukai kulit di sekitar telinga.
  5. Menggunakan Obat Tetes Telinga
    Selain berbagai cara sederhana yang digunakan untuk mengatasi telinga yang kemasukan air di atas, cara lainnya adalah dengan memakai obat tetes telinga antiseptik.Cara ini sama seperti mengatasi telinga yang kemasukan air dengan campuran alkohol dan cuka, yaitu dengan meneteskan obat antiseptik secara perlahan. Selanjutnya, telinga yang kemasukan air tersebut dihadapkan ke bawah. Tujuannya agar air yang ada di telinga dapat keluar sehingga mencegah terjadinya infeksi pada telinga. 
Selain lima cara untuk mengatasi telinga yang kemasukkan air tadi, ada beberapa hal yang perlu dihindari yaitu tidak boleh menggunakan korek telinga (cotton buds) atau benda tajam lain untuk mengeluarkan air yang masuk dalam telinga. Karena, hal itu dapat berisiko melukai gendang telinga. Jika Anda sudah mencoba berbagai cara di atas, namun air dalam telinga tetap saja belum bisa dikeluarkan, maka alangkah lebih baik langsung diperiksakan ke dokter Telinga Hidung Tenggorokan (THT). Bagaimana pun telinga merupakan bagian penting dari tubuh manusia yang perlu dijaga.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Bokek Traveler, Published at 6:08 AM and have

ADS

..