Penyebab Penyakit Kulit|Kudap|Panu|Kudis|Kanker Kulit|Asma|Penyakit Jantung
..

Penyebab, Gejala dan Cara mengobati sakit gigi

Penyebab, Gejala dan Cara mengobati sakit gigi

penyebab sakit gigi
as Sakit Gigi dan Pengobatannya
Sakit gigi adalah sakit yang menyerang di bagian sekitar gigi. Penyebab rasa sakit itu semisal gigi yang berlubang, gusi yang membengkak, atau penyakit rahang. Sakit gigi, ternyata merupakan gejala jantung karena itu sakit gigi juga bisa mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, tidak bisa kita menganggap remeh sakit gigi.

Ada beberapa hal yang menyebabkan sakit gigi 
  1. Cara menyikat gigi yang salah Banyak orang yang menganggap sepele tindakan menyikat gigi. Banyak orang yang mengira bahwa kegiatan menyikat gigi adalah kegiatan yang mudah. Ternyata ada aturan dalam menggosok gigi. Sebuah penelitian mengungkapkan, waktu menyikat gigi yang baik berkisar antara 1 hingga 2 menit. Cara menggosok gigi pun adalah menyikat gigi dengan memutar-mutar dan menyikat gigi di depan cermin agar dapat melihat bagian mana saja yang masih terdapat sisa makanan. Selain itu, jangan langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi minuman berenergi, bersoda, dan berasam lainnya. Hal dapat menyebabkan zat asam tersebar rata di seluruh gigi. 
  2. Jarang menyikat gigi Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menyikat gigi minimal dua kali sehari. Jika kurang dari itu, akan berakibat pada kerusakan permanen pada gigi dan menyebabkan gigi lebih rapuh. 
  3. Alat yang digunakan Gigi geraham adalah gigi yang paling bermasalah. Selain karena letaknya yang sulit dijangkau, bentuk sikat yang digunakan harus lebih pipih agar bisa menyentuh bagian gigi geraham. Selain itu, bentuk mulut yang mengecil ke belakang, juga harus disikapi dengan penggunaan alat yang benar. 
  4. Mengonsumsi makanan yang terlalu manis berlebih Gula adalah salah satu zat yang menyebabkan gigi mudah berlubang. Zat gula yang tersisa di sela-sela gigi akan menjadi penyebab gigi berlubang jika tidak dibersihkan dengan benar. 
Cara pencegahan dan pengobatan sakit gigi 
  1. Membersihkan mulut dan gigi dengan benar
    Sudah jelas bahwa membersihkan gigi dengan benar sesuai aturan adalah langkah pertama dan berkelanjutan. Menyikat gigi sebelum tidur dan sesudah tidur atau menyikat gigi setelah makan dapat menjaga kesehatan gigi. 
  2. Jeruk nipis
    Jeruk nipis ternyata berkhasiat untuk menyembuhkan sakit gigi. Caranya dengan meneteskan air perasan dari jeruk nipis pada bagian gigi yang sakit setiap 10 menit, sampai sari jeruk nipisnya habis. Vitamin C pada sari jeruk nipis dapat meredam rasa sakit pada gigi. 
  3. Garam
    Kandungan yodium dalam garam ternyata bisa meredakan rasa ngilu pada gigi. Caranya larutkan garam dalam segelas air lalu aduk hingga bercampur keduanya. Setelah itu digunakan sebagai pencuci mulut hingga rasa ngilu tadi mereda. 
  4. Belimbing wuluh
    Di balik bentuknya yang lucu, belimbing wuluh ternyata dipercaya dapat meredakan sakit pada gigi. Caranya adalah dengan memakan belimbing wuluh dicamput dengan garam sedikit. Lalu dikunyah dengan menggunakan gigi yang sakit secara perlahan-lahan. 
  5. Minyak Cengkeh
    Cengkeh memiliki anti inflamasi, antioksidan, anti bakteri, dan sifat anestesi ternyata mampu mengurangi rasa sakit pada gigi. Caranya semprotkan sedikit minyak cengkeh ke kapas lalu ditempelkan pada gigi yang sakit. Atau dengan mencampur ke dalam air putih dan digunakan untuk berkumur.
  6. Bawang merah
    Bawang merah memiliki sifat antiseptic dan antimikroba yang bisa mengontrol sakit gigi. Caranya adalah dengan mengambil satu siung bawang merah dan dikunyah sampai rasa sakit menghilang. Namun jika tidak kuat untuk mengunyah, bisa dengan menggosok saja pada bagian gigi yang sakit. Semoga bermanfaat, selamat menjaga gigi Anda.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Bokek Traveler, Published at 5:17 AM and have

ADS

..