Penyebab Penyakit Kulit|Kudap|Panu|Kudis|Kanker Kulit|Asma|Penyakit Jantung
..

Mengenal Penyakit Herpes Simplex disebabkan Virus (Cold Sore)

Mengenal Penyakit Herpes Simplex disebabkan Virus (Cold Sore)

Penyakit herpes simplex menyebabkan memar merah, berisi cairan yang biasanya timbul di sekitar area mulut atuapun wajah. Pada beberapa kasus yang jarang terjadi, bisa juga muncul pada jari jemari tangan, hidung, dan didalam mulut. tidak ada pengobatan untuk penyakit herpes, dan biasanya infeksi akan berulang tanpa adanya gejala kambuhan ataupun peringatan. memar berisi cairan ini sangat menular, dan biasanya akan bertahan lebih dari seminggu.

Penyebab Penyakit Herpes
Virus Herpes Simplex tipe 1 biasanya menyebabkan memar tersebut, dan virus herpes simplex tipe 2 biasanya menyebabkan herpes genital atau yang berkembang di area kelamin. bentuk dan penampakan memar berisi cairan pada herpes simplex tipe 1 dan 2 adalah sama atau mirip.
Sangatlah memungkinkan walaupun jarang, virus herpes simplex tipe 1 menyebabkan memar pada area kelamin, dan virus herpes simplex tipe 2 menyebabkan memar pada area mulut.

memar berisi cairan itu sangat menular, tetapi herpes dapat menyebar bahkan ketika anda tidak mengalami memar berisi cairan tersebut. Anda bisa saja tertular penyakit herpes ketika melakukan kontak dengan orang yang menderita penyakit herpes. biasanya tertular melalui ciuman, kosmetik yang saling bertukar pakai, ataupun berbagi makanan. Oral sex juga dapat menjadi jalan penularan penyakit herpes mulut dan genital (alat kelamin).

Sekali anda menderita penyakit herpes, maka tidak dapat disembuhkan. Bahkan setelah beberapa saat ketiak anda merasa sudah sembuh, virus tetap berada dalam sel saraf dan memar dapat timbul kapan saja. beberapa pasien melaporkan bahwa biasanya penyakit herpes akan kumat pada saat kondisi tubuh sedang lemah, saat sakit ataupun stress.

Mengenali Gejala Penyakit Herpes
 Anda mungkin akan mengalami perasaan gatal dan panas pada bagian mulut anda atau wajah pada beberapa hari sebelum muncul memar/benjolan. Ketika benjolan telah timbul, anda akan melihat benjolan berwarna merah dan  berisi cairan, biasanya sakit ketika disentuh.
biasanya benjolan akan bertahan selama 2 minggu, dan sangat menular ketika dalam fase ini. BIasanya benjolan tidak akan timbul dalam rentang waktu 20 hari setelah anda tertular virus herpes simplex.

sebagai tambahan dari satu atau beberapa benjolan, anda mungkin akan merasakan gejala-gejala sebagai berikut :
  • demam
  • rasa pegal
  • mulut terasa mati rasa
 menyentuh benjolan herpes lalu anda menyentuh mata anda mungkin akan menyebabkan infeksi mata. ANda harus segera mencari pertolongan medis jika mengalami infeksi mata pada saat penyakit herpes sedang kumat. Ini dikarenakan virus herpes dapat mengakibatkan kebutaan ketika tidak dirawat semestinya.

Komplikasi Penyakit Herpes
 Infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simplex dapat menyebabkan gejala dan komplikasi lain, karena tubuh anda belum memiliki mekanisme pertahanan terhadap virus herpes. Komplikasi biasanya jarang terjadi, tetapi dapat terjadi, terutama pada anak kecil. beberapa kondisi berikut membutuhkan perawatan medis :
  • demam tinggi yang berkepanjangan.
  • kesulitan bernafas dan menelan makanan
  • infeksi atau iritasi mata
jika anda memilik penyakit eksim, atau kondisi yang mengganggu pertahanan tubuh anda seperti kanker dan AIDS, wajah anda akan lebih rentan terhadap infeksi.Jika anda memiliki kondisi-kondisi tersebut, segera hubungi doker anda jika anda merasa telah melakukan kontak dengan penderita penyakit herpes.

Mengobati Penyakit Herpes Simplex
Tidak ada obat untuk penyakit herpes, tetapi virus herpes simplex jarang kambuh pada beberapa orang. jika benjolan timbul dan mengganggu anda, anda dapat mengontrol atau menjaganya dengan antiviral tropikal seperti acyclovir (Xerese,Zovirax) dan Penciclovir (Denavir). kedua pilihan obat ini biasanya efektif untuk membantu mengurangi rasa sakit pada tahap awal penyakit herpes. Dosisnya adalah 4 hingga 5 kali sehari selamat 5 hari.

Penyakit Kulit






share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Bokek Traveler, Published at 4:46 AM and have

ADS

..