Penyebab Penyakit Kulit|Kudap|Panu|Kudis|Kanker Kulit|Asma|Penyakit Jantung
..

Mengenali Bahaya dan Gejala Alergi pada Anak dan Balita

Mengenali Bahaya dan Gejala Alergi pada Anak dan Balita

Mengenali Bahaya dan Gejala Alergi pada Anak dan Balita - Di Amerika diperkirakan sekitar 50 Juta anak menderita Alergi. Jenis Alerginya biasanya muncul dan berkembang ketika anak beranjak dari usia bayi ke dewasa awal. Alergi dapat membuat anak mengalami gangguan tidur, bermain secara normal, dan dalam menerima pelajaran di sekolah. Berikut didalam artikel ini kita akan mencoba mengenali bahaya dan gejala alergi pada anak yang dapat kita lihat secara kasat mata maupun dengan bantuan medis.

Rasio penderita alergi makanan dan kulit meningkat drastis sejak tahun 1997 - 2011. Terutama alergi pernapasan dan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA).  Biasanya alergi kulit diderita oleh anak bayi dan balita, namun ketika beranjak dewasa, anak anda yang dicurigai menderita alergi biasanya akan banyak bersin. Menurut data, anak kecil atau bayi biasanya menderita alergi kulit, namun pada anak yang dewasa, alergi pernafasan lebih dominan.

Asal Mula Alergi
Pada reaksi alergi, sistem kekebalan tubuh yang terlalu sensitif dalam menilai  bahaya suatu zat (alergen) akan memicu bentuk pertahanan diri terhadap bahan tersebut yang dianggap sebagai benda asing yang berbahaya. Tersangka penyebab alergi (alergen) biasanya adalah makanan, bulu binatang, serbuk sari dari rumput dan pepohonan. Alergen memicu terjadinya alergi. Waspadai gejala-gejala alergi dan alergen yang ada di sekitar anak Anda. Perhatikan gejala alergi bisa juga sama dengan gejala penyakit asma

Tanda dan Gejala Alergi Pada Anak
Jika anda mencurigai anak anda menderita alergi, perhatikan apakah dia memiliki mata berair, merah, dan atau ada rasa gatal di bagian tubuhnya dan atau meler atau ingusan atau keluar cairan terus menerus dari hidung. Apakah hidung berair berlangsung lama? apakah anak merasakan tenggorokan dan mulutnya terasa gatal dan kering? apakah mereka menggaruk telinga mereka karena gatal?.
Menurut Ikatan Dokter, hal tersebut diatas adalah tanda tanda atau gejala gejala alergi, mungkin hay fever, atau alergi rhinitis, bentuk alergi paling sering ditemukan pada anak. Perhatikan waktu munculnya gejala juga, apakah muncul hanya di waktu tertentu yang sama pada setiap tahun? (musim semi)

Periksa Kulit dari Gejala Alergi Pada Anak
Kulit adalah organ terbesar dan terluas dari tubuh kita yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh biasanya akan menjadi yang pertama memberikan reaksi terhadap alergen (zat penyebab alergi). Periksalah kulit anak anda dari tanda-tanda Eksim, yang biasanya berbentuk kulit yang kering, merah, bercak-bercak dan mengeras yang terasa gatal. Biasanya tanda-tanda alergi berwarna merah ini akan muncul jika anak menderita alergi, ukurannya bisa jadi hanya seujung pensil, dan bahkan bisa sebesar piring ketika masuk tahap membahayakan. (menurut Ikatan Dermatologis Amerika)

Gejala Gangguan Pernafasan Pada Anak
Hay fever atau alergi lain dapat menyebabkan gangguan pada kemampuan bernafas anak, jika anda mendengar suara keras ketika anak bernafas dan ritme nafas yang pendek segerala menghubungi dokter anak terdekat. Batuk kering yang terkadang disertai dahak berwarna bening juga merupakan tanda-tanda alergi. Perhatikan anak anda dengan seksama, jika mereka cepat merasa lelah dibandingkan anak lain, biasanya itu juga bisa di sebabkan alergi.

Gejala Lain dari Alergi pada Anak
Alergi dapat menyebabkan beragam gejala lain pada anak. Jika anak anda merasakan gangguan atau sakit pada bagian perut seperti keram perut atau diare, hal ini bisa juga disebabkan oleh alergi makanan. Gejala lainnya adalah seperti pusing, sakit kepala, dan mudah lelah. Alergi juga dapat mengganggu atau mempengaruhi perilaku anak, jika anak menjadi rewel atau tidak bisa tidur juga bisa jadi merupakan gejala-gejala lain dari alergi. Usahakan mencatat gejala-gejala yang mungkin terjadi untuk dilaporkan kepada dokter anak Anda. Catat bahwa gejala mungkin terjadi setelah berinteraksi dengan binatang, makanan, ataupun lingkungan.

8 Jenis Makanan Penyebab Alergi
Menurut riset dan peneitian, 8 jenis makanan berikut merupakan 90% penyebab kasus alergi makanan :

  • susu
  • telur
  • kacang-kacangan
  • almond, cashews, walnuts, dan kacang lain
  • Ikan (Bass, Cod, Flounder)
  • Shellfish (Udang, lobster, kepiting)
  • Kedelai
  • Gandum
Sebagai tambahan, beberapa anak mungkin akan dapat mentoleransi buah-buahan yang asam seperti jeruk citrus. Anda mungkin harus membaca semua bahan yang digunakan pada makanan yang akan diberikan pada anak anda. apakah mengandung kacang? gandum? kedelai? produk olahan susu, dsb. Hubungan antara alergen dan alergi yang diderita anak terkadang tidak terlalu jelas, jejak-jejak kacang dapat saja menyatu pada sereal anak, dan kedelai bisa saja tersembunyi pada pewarna atau perasa makanan yang dipakai pada makanan beku.

Gejala Alergi Bulu Binatang
Kehadiran binatang peliharaan di rumah dapat menjadi penyebab alergi pada anak, baik itu binatang berbulu lebat maupun tidak. Bukanlah binatang tersebut yang menyebabkan alergi, namun adalah bulunya, kulit matinya, dan juga air liurnya, urine nya yang dapat menjadi alergen penyebab alergi. Jika anak anda suka berinteraksi dengan binatang, harap periksakan ke dokter anak apakah anak anda menderita alergi.

Pertolongan Pertama pada Penderita Alergi
Doker anakanda dapat memilah-milah alergen yang mungkin menjadi penyebab alergi pada anak anda dan dapat membuat suatu rumusan pengobatan atau pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatur atau menghindari alergi. Meringankan sakit pernafasan, kulit, atau gejala alergi lain dapat menggunakan antihistamin atau obat lain. Anda dapat mengajarkan anak anda untuk menghindari alergen yang dapat memicu alergi. Hal seperti memberitahukan makanan penyebab alergi, berhati-hati ketika main di luar atau di taman, dan segera mencuci tangan setelah berinteraksi dengan binatang.

Source : http://www.healthline.com/health-slideshow/common-childrens-allergies#3

Alergi







share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Bokek Traveler, Published at 7:36 AM and have

ADS

..