Penyebab Penyakit Kulit|Kudap|Panu|Kudis|Kanker Kulit|Asma|Penyakit Jantung
..

Penyebab Sering Digigit Nyamuk dan Cara Alami Mengusirnya

Penyebab Sering Digigit Nyamuk dan Cara Alami Mengusirnya

obat gigitan nyamuk
Penyebab Sering Digigit Nyamuk dan Cara Alami MengusirnyaMusim
Hujan telah tiba, dan genangan air bisa di mana-mana. Genangan air merupakan tempat paling menyenangkan nyamuk untuk berkembang biak. Oleh karena itu, di musim penghujan ini, kita perlu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit yang datang dari nyamuk. Nyamuk adalah salah satu hewan yang sering kita temui di daerah tropis, seperti Indonesia. Hewan yang masuk dalam kategori serangga ini adalah sumber dari berbagai penyakit berbahaya seperti demam berdarah, malaria, kaki gajah, chikungunya, dan lain-lain. Nyamuk sangat mengganggu karena setelah digigit nyamuk, biasanya korban akan merasakan gatal-gatal pada bekas tempat gigitan nyamuk.

Ternyata, ada beberapa sebab mengapa nyamuk senang menggigit tubuh manusia. Nyamuk tidak asal menggigit dan menghisap darah, namun karena beberapa sebab, antara lain:
  1. Genetik Faktor genetik sering mempengaruhi seseorang yang menjadi target nyamuk. Pada gen-gen tertentu, nyamuk sangat menyukainya sehingga menjadikannya sasaran. 
  2. Kandungan asam pada tubuh Kandungan asam pada tubuh manusia, seperti asam urat dan asam laktat akan lebih disukai nyamuk. Asam tersebut akan mengeluarkan aroma dari tubuh yang mengundang nyamuk untuk datang dan menghisap darah dari tubuh tersebut. Biasanya asam laktat akan keluar banyak ketika seseorang berolahraga. Nyamuk dilengkapi dengan antena yang mampu mendeteksi karbondioksida dan asam laktat pada jarak 36 meter, sehingga tidak heran kalau Anda di atas kasur, maka dapat dengan mudah mendekati. 
  3. Kolesterol yang tinggi Konsentrasi kolesterol yang tinggi di dalam tubuh akan menarik perhatian nyamuk. Kolesterol yang tinggi dapat memanggil nyamuk untuk hinggap dan menghisap darah. 
  4. Produksi karbondioksida Produksi karbondioksida pada tubuh yang berlebih dapat menjadi sebab tubuh disasar nyamuk. Umumnya mereka mengeluarkan karbondioksida adalah orang hamil dan orang dewasa. 
  5. Golongan darah Golongan darah O punya komposisi yang sangat disukai nyamuk. Oleh karena itu, orang yang punya golongan darah O akan sering didatangi nyamuk daripada orang yang mempunyai golongan A. 
Cara Pencegahan Digigit Nyamuk Di era modern ini, biasanya orang akan menggunakan cara-cara yang bersifat kimia untuk mengusir nyamuk. Semisal saja menggunakan obat nyamuk bakar atau listrik, atau menggunakan lotion anti nyamuk. Penggunaan obat-obatan yang terus menerus tersebut punya efek samping yang buruk bagi tubuh.
Ada beberapa cara untuk mengusir nyamuk dengan cara yang lebih aman dan alami. Berikut beberapa cara alami yang bisa Anda tempuh untuk mengusir nyamuk.
  1. Tanaman Pengusir Nyamuk Citronella
    Meletakkan tanaman citronella di dalam rumah atau di tempat yang diinginkan. Bisa juga menggunakan minyaknya. Wangi tanaman citronella mampu mengusir nyamuk. Sedangkan minyaknya dicampurkan dengan air untuk mandi sehingga dapat meresap ke dalam kulit dan membuat nyamuk enggan dekat-dekat dengan Anda. 
  2. Konsumsi bawang putih Bawang putih mengandung antioksidan yang aromanya sangat tidak disukai nyamuk. Dengan mengonsumsi bawang putih, dapat membuat tubuh Anda dijauhi nyamuk. 
  3. Lavender
    Lavender terkenal sangat tidak disukai nyamuk. Dengan menanam lavender di rumah, Anda dapat terhindar dari gangguan nyamuk. 
  4. Minyak kedelai Ternyata, minyak kedelai juga tidak disukai nyamuk. Selain itu minyak kedelai juga dapat mengurangi sesak pada dada Anda. 
  5. Bunga teratai
    Bunga teratai yang tumbuh di kolam mencegah kedatangan nyamuk dan berkembangnya larva. Bunga teratai dapat menjadi pengusir nyamuk yang efektif dan alami. 
  6. Lada hitam
    Ekstrak lada hitam dapat digunakan untuk obat anti nyamuk dan mengusir nyamuk. Aroma lada mencegah nyamuk untuk mendekati tubuh Anda. 
Demikian penyebab sering digigit nyamuk dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba.Jangan lupa membaca artikel yang terkait dengan nyamuk, seperti Penyakit Malaria dan Penyakit Demam Berdarah.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Bokek Traveler, Published at 7:22 AM and have

ADS

..