Penyebab Penyakit Kulit|Kudap|Panu|Kudis|Kanker Kulit|Asma|Penyakit Jantung
..

Penyebab Penyakit Kutu Air, Gejala dan Cara Pengobatannya

Penyebab Penyakit Kutu Air, Gejala dan Cara Pengobatannya

gambar kutu air
Penyebab Penyakit Kutu Air, Gejala dan Cara Pengobatannya - Kali ini http://penyebab-penyakit.com akan membahas tentang kutu air. Masalah kulit bisa menjadi masalah yang sangat besar bagi anda. Apalagi kulit tersebut berada pada wilayah vital seperti wajah, kaki, dan juga yang paling sering tampak. Kulit kaki, salah satu bagian yang sering terkena penyakit kulit utamanya kutu air.

Kutu air adalah salah satu Penyakit Kulit yang disebabkan oleh jamur dermatofit (dermatophytes) atau trikofiton (trichophyton). Infeksi jamur umumnya terjadi di kaki meskipun sebenarnya dapat pula terjadi pada berbagai bagian tubuh lain seperti tangan, pangkal paha, dan kulit kepala.Infeksi kutu air berawal diantara jari kaki dan menyebar ke bagian lain dari kaki

Penyebab Penyakit Kutu Air 
  1. Jamur yang menyebabkan kutu air hanya berkembang pada kondisi tertentu. 
  2. Lingkungan yang lembab dan hangat merupakan tempat favorit bagi jamur. 
  3. Seseorang yang memakai sepatu dalam waktu lama akan membuat kaki cenderung lembab sehingga akan memicu pertumbuhan jamur. 
  4. Saat jamur tumbuh, kulit memproduksi lebih banyak sel untuk mengganti sel yang rusak. Itu sebab, kulit yang terkena kutu air nampak bersisik. 
  5. Memakai sepatu basah, sepatu plastik, atau kaus kaki basah dapat menyebabkan infeksi jamur pada kaki. 
  6. Kaki yang sering terkena air seperti saat mencuci juga akan memperbesar risiko tumbuhnya jamur kutu air. 
Gejala Kutu Air 
  • – Kulit gatal dan merah 
  • – Kulit kering dan bersisik 
  • – Rasa panas antara jari kaki dan pada telapak kaki 
  • – Lepuh yang mungkin berisi nanah 
  • – Pembengkakan kulit 
penyebab penyakit kutu air
Apakah Kutu Air Menular? 
Anda pati bertanya tanya apakah kutu air bisa menular atau tidak? Langsung saja saya kan menjelaskannya. Kutu air termasuk penyakit menular yang dapat menyebar dari manusia ke manusia atau dari hewan ke manusia. Pada manusia, penularan terjadi ketika terjadi kontak kulit langsung.Di sisi lain, jamur kutu air juga bisa menyebar dari berbagai medium. Contohnya penularan jamur bisa terjadi dari air kolam renang dan air mandi. Demikian pula, menggunakan pakaian atau handuk milik orang yang terinfeksi juga dapat menyebarkan kutu air.

Cara mengobati kutu air secara alami 
  1. Singkong Singkong merupakan salah satu umbi-umbian yang dapat digunakan untuk menyembuhkan kutu air. Anda bisa membuat rauan herbal dengan cara mencuci singkong hingga bersih. Setelah itu parutlah singkong anda dan tempelkan pada kulit kaki yang terkena kulit air.Diamkan hingga singkongnya kering. Lakukan cara ini beberapa hari sekali. Dengan cara ini setidaknya bila dilakukan dua hari kutu airnya mulai sembuh. 
  2. Daun Talas Selain singkong daun talas merupakan salah satu tumbuhan yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan kutu air. Ambillah kulit ari daun talas, kemudian jadikan pembalut pada kaki yang terkena kutu air. Hal ini dipercaya dapat mengobati kutu air yang anda alami dengan cepat. 
  3. Bawang Putih  Bawang putih merupakan salah satu solusi yang baik. Bawang putih mengandung banyak anti biotik dan dapat menyembuhkan kutu air. Caranya irislah bawang putih kemudian gosokkan kebagian yang terkena kutu air beberapa kali sehari. selain diiris anda juga bisa menumbuknya lalu jadikan ia pembalut pada kulit yang terkena kutu aur selama beberapa hari. 
  4. Daun Sirih Ramuan daun siri juga sangat bermanfaat. Siapkan 10 lembar daun sirih. Lumatlah menggunakan tangan atau diiris pakai pisau. Rebus ke dalam air mendidih kemudian tambahkan sesendok garam. Tunggu sampai aroma sirih tercium yang menandakan zat pada daun sirih mulai keluar. Angkat dan masukkan air rebusan ke dalam ember. Kemudian tambahkan air dingin sampai dirasa aman bagi kulit. Lalu rendamlah kaki anda dengan air daun sirih tersebut. Rendam selama 10-15 menit. Lakukan cara ini selama 3 hari berturut-turut atau sampai dirasa kutu air sembuh. Sebaiknya dilakukan sebelum tidur karena selain dapat mengobati kutu air, air rendaman ini juga bisa menghilangkan pegal sehingga tidur andapun akan lebih nyenyak. 
  5. Soda Kue Campurkan soda kue ke dalam air hangat, lalu rendamlah kaki anda selama 15-20 menit. Kemudian cuci bersih kaki anda. Lakukan cara ini selama beberapa hari atau sampai dirasa kaki anda sembuh dari kutu air. 
  6. Teh Bahan yang paling mudah didapatkan adalah teh. Panaskan sekitar 1,5 liter air sampai mendidih. Masukkan 6 kantong teh celup ke dalam air panas. Biarkan air menjadi dingin, kemudian rendam kaki yang terinfeksi selama setengah jam setiap hari. Teh mengandung asam tannic yang tidak hanya menghancurkan jamur tetapi juga membantu mengurangi rasa gatal akibat kutu air. 
  7. Tea Tree Oil (Minyak Pohon Teh) Herbal lain yang berkhasiat meredakan kutu air adalah Tea Tree Oil. Oleskan minyak herbal ini ke daerah yang mengalami infeksi untuk membunuh mikroba serta mempercepat penyembuhan kutu air. Meskipun mungkin tidak sepenuhnya menyembuhkan kutu air, tea tree oil efektif untuk meningkatkan penampilan kulit. 
  8. Cuka apel Jamur pada kaki akan menyebabkan pH kulit menyimpang dari batas normal. Oleh karena itu mengembalikan nilai pH pada kulit merupakan salah satu cara membebaskan kulit dari serangan jamur kutu air. Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang dikenal mampu membantu mengatur pH kulit. Buat larutan cuka apel dan air dengan perbandingan satu banding satu. Rendam kaki yang terkena kutu air dalam larutan tersebut selama minimal 20-25 menit setiap hari. 
  9. Garam
    Mengobati kutu air dengan garam cukup mudah. Campurlah air hangat dengan garam. Kemudian rendamlah kaki anda yang terkena kutu air selama kurang lebih 15-20 menit ke dalam air campuran ini. Campuran air hangat dan garam dapat membunuh kuman dan bakteri sehingga dapat mengobati kutu air. Lakukan cara ini selama tiga hari berturut-turut. Sedangkan untuk terapi, lakukan cara ini sekali seminggu. Selain dapat membunuh kuman juga dapat membuat rileks otot-otot kaki dan menghilangkan pegal pada kaki. 
  10. Minyak kelapa
    Minyak kelapa sangat efektif untuk membersihkan jamur. Minyak kelapa memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan jamur sehingga ideal digunakan untuk menyembuhkan kutu air. Asam laurat merupakan komponen penting minyak kelapa yang memiliki sifat anti jamur dan anti inflamasi. Selain menjadi agen anti jamur yang baik, minyak kelapa juga efektif melembabkan kulit. Oleskan minyak kelapa ke daerah yang terkena kutu air, dan biarkan bahan aktifnya melawan kutu air. 
 Penyakit kulit lain yang disebabkan oleh kutu adalah kudis scabies, jangan lupa juga melihat artikel tentang penyakit diare pada anak ya..


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Bokek Traveler, Published at 7:46 AM and have

ADS

..