Penyebab Penyakit Kulit|Kudap|Panu|Kudis|Kanker Kulit|Asma|Penyakit Jantung
..

Mengenal Penyebab Penyakit Alergi, Gejala dan Pengobatannya

Mengenal Penyebab Penyakit Alergi, Gejala dan Pengobatannya

penyebab alergi
http://penyebab-penyakit.com
Mengenal Penyebab Penyakit Alergi, Gejala dan Pengobatannya - Apa yang perlu anda ketahui tentang penyakit alergi? selengkapnya akan di kupas di artikel ini yang merupakan terjemahan dari website kesehatan ternama.
Alergi adalah respon sistem kekebalan tubuh kita terhadap benda/zat asing yang biasanya tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Zat asing ini disebut Alergen, Alergen bisa termasuk didalamnya adalah makanan, sebuk, atau bulu binatang. Mereka akan membuat sistem kekebalan tubuh merespon dengan salah.

Sistem kekebalan tubuh kita bertugas untuk menjaga agar kita tetap sehat dan mampu melawan infeksi dan atau zat patogen lainnya yang mungkin menyerang tubuh kita. Sistem kekebalan tubuh bekerja dengan menyerang apapun yang dianggap membahayakan bagi kesehatan tubuh kita. Tergantung pada sifat Alergen nya, serangan ini bisa jadi akan mengakibatkan pembengkakan, bersin-bersin, dan atau gejala lain yang spesifik tergantung jenis alergen nya.

Sistem kekebalan tubuh kita biasanya akan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Ketika tubuh kita menemukan sesuatu seperti bulu binatang, tubuh kita akan merespon bahwa itu tidak berbahaya, dan tidak akan membentuk perlindungan diri. Namun pada orang yang memiliki penyakit alergi, sistem kekebalan tubuh akan bingung menentukan apakah bulu binatang itu zat berbahaya atau tidak? dan akhirnya membentuk pertahanan diri yang kita sebut alergi.

Penyebab Alergi adalah penyakit yang umum diderita, dan ada banyak cara untuk menghindari gejalanya yang memang kurang mengenakkan.

Jenis dan Tipe Alergi
Alergi dapat terjadi ketika zat asing yang sebenarnya adalah normal tidak berbahaya masuk ke dalam tubuh. dan Sistem kekebalan tubuh kita mengganggapnya sebagai zat asing berbahaya. Peneliti hingga saat ini tidak terlalu yakin apa penyebab dari aktifitas sistem kekebalan tubuh tersebut.

Alergi memiliki komponen genetik, artinya bahwa bisa saja orang tua yang menderita alergi akan melahirkan anak yang juga menderita penyakit alergi. Namun reaksi alergi genetik hanya sedikit terjadi. ALergi spesifik tidak diturunkan, maksudnya ketika orang tua alergi pada bulu binatang, anaknya mungkin tidak, namun mungkin anak akan alergi terhadap makanan laut, dsb.
gambar penyebab alergi

Berikut adalah jenis dan tipe alergi menurut American College of Allergy, Asthma and Immunology :
  • produk berbahan dasar binatang, bulu binatang, kecoa, kutu
  • Obat-obatan seperti Penisilin, sulfanilamide
  • Makanan seperti gandum, kacang, susu, ikan laut, dan telur
  • Serangga  seperti lebah, nyamuk
  • Jamur seperti spora yang berasal dari jamur
  • Tanaman seperti tanaman rumput, pohon, resin, poison ivy, getah pohon oak.
  • Lain lain seperti benda logam, perunggu, latex
Alergi musiman, atau disebut juga demam hay (hay fever) adalah bentuk umum dari alergi. Hal ini disebabkan oleh serbuk sari yang dilepaskan oleh tanaman. biasanya akan menyebabkan hal hal dibawah ini:
  • Mata perih dan mata merah
  • Mata radang dan berair
  • Ingusan atau meler
  • Batuk
Kapan saat yang tepat ke Dokter Alergi
Gejala alergi dapat menyebabkan beragam komplikasi.

Alergi makanan dapat menyebabkan pembengkakan mulut, pendarahan, pusing, kelelahan, dan sebagainya. Biasanya akan membutuhkan sedikit waktu bagi seseorang untuk menyadari bahwa dirinya memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Jika anda memiliki reaksi serius setelah memakan suatu jenis makanan, dan tidak tahu penyebabnya apa, segeralah menghubungi dokter terdekat. Mereka akan dapat mendiagnosa dan menentukan jenis penyakit yang anda derita berdasarkan gejala yang terlihat, atau mereka akan mereferensikan anda ke spesialis terdekat.

Gejala Hay fever dapat saja menjadi sama dengan gejala deman flu. Diantaranya adalah lendir yang berlebihan, hidung meler, dan mata merah berair. biasanya anda dapat merawat gejala seperti ini sendiri di rumah melalui pengobatan obat ataupun herbal. Namun ketika gejala-gejala tersebut tidak dapat disembuhkan dengan pengobatan di rumah, segeralah menghubungi dokter terdekat.

Beberapa bentuk alergi berbahaya dapat menyebabkan penyempitan rongga leher. Ini adalah hal yang dapat menyebabkan kematian dan sangat berbahaya karena membuat penderita kesulitan bernafas, pusing, dan pingsan. Jika anda memiliki gejala seperti diatas setelah berhubungan dengan alergen tertentu, segera carilah pertolongan medis.

Doktor anda dapat menentukan apakah penyebab dari gejala-gejala yang terjadi dan dapat menentukan apakah alergi ini biasa atua berbahaya. DOkter anda juga mungkin akan mengajarkan anda cara menghadapi gejala alergi di rumah

Diagnosa Penyebab Penyakit Alergi
Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk mendiagnosa penyakit alergi, diantaranya adalah :

Pertama, doktor akan menanyakan tentang gejala dan melakukan pemeriksaan fisik tubuh. Mereka akan bertanya mengenai apakah anda telah memakan sesuatu yang tidak biasa belakangan ini? dan adakah zat asing yang anda pegang atau kontak belakangan ini? seperti contoh, anda memiliki ruam-ruam merah pada telapak tangan, dokter akan menanyakan apakah anda menggunakan sarung tangan lateks baru baru ini?

Alergi makanan biasanya di diagnosa melalui proses eliminasi. Doktor akan membuat jadwal makanan anda berdasarkan makanan yang terakhir anda makan. Ini artinya dokter akan menghilangkan satu persatu jenis makanan yang biasa anda makan untuk menentukan manakah yang menjadi penyebab penyakit alergi.

Dokter anda juga mungkin akan menyuruh anda untuk menemui ahli alergi untuk pemeriksaan dan pengobatan. beberapa jenis alergi yang dilakukan oleh dokter ahli alergi biasanya adalah skin test atau tes kulit. Selama test ini, kulit anda akan dilukai sedikit menggunakan jarum yang mengandung alergen potensial penyebab alergi. Reaksi kulit anda terhadap alergen yang diberikan akan dicatat, jika anda menderita alergi pada suatu zat tertentu, kulit anda akan berwarna merah dan terasa panas.

Menurut Mayo Clinic, dokter atau ahli alergi mungkin bisa melakukan tes Radioallergosorbent (RAST). Darah anda akan diambil dan di periksa oleh dokter menggunakan antibody alergi, atau sel yang bereaksi terhadap alergen.

gejala alergi
Bagaimana Merawat Penyakit Alergi
Cara terbaik untuk merawat penyakit alergi adalah dengan menghindari zat asing penyebab alergi, apapun itu. Jika tidak mungkin, baru ada beberapa pengobatan yang tersedia.

Pengobatan Penyakit Alergi
Biasanya orang yang mengalami demam hay dan alergen musiman tidak dapat menghindari lingkungan luar ruang selamanya, pengobatan yang dapat dilakuan adalah melalui obat-obatan seperti antihistamin untuk mengontrol gejala yang ditimbulkan. Pengobatan dapat berupa resep yang besaran dosisnya tergantung jenis alergi dan tingkat bahaya alergi yang diderita.
Obat-obatan Alergi diantaranya adalah :
  • Antihistamin
  • Corticosteroids
  • Cromolyn Sodium
  • Decongestan
  • Leukotriene
Immunotherapy (Terapi Kekebalan Tubuh)
Banyak orang yang memilih melakukan immunotherapy, hal ini termasuk diantaranya adalah pemberian suntikan dari ekstrak alergen yang telah dimurnikan secara berkala dalam jangka waktu yang lama. Hal ini membantu tubuh untuk terbiasa dengan zat tersebut dan tidak membentuk pertahan diri terhadap zat alergen tersebut. Immunotherapy yang sukses dapat mencegah gejala alergi untuk kembali lagi.

Epinephrine
Orang yang menderita alergi jenis berbahaya biasanya akan membawa obat yang disebut epinephrine, bentuknya bisa kapsul, cair ataupun suntikan sekali pakai. Biasanya disebut Epipen. Epipen adalah merk dagang dari epinephrine bentuk suntuk, di negara lain bisa jadi bernama TinJect. Suntikan ini membantu melawan reaksi alergi sampai pertolongan medis tiba.

Banyak pengobatan alami dan suplemen alami yang ditujukan untuk penyakit alergi, namun anda harus bertanya kepada dokter anda terlebih dahulu untuk memakainya. Beberapa obat-obatan alami bisa jadi mengandung zat alergen juga.

Pencegahan Penyebab Penyakit Alergi
 Alergi tidak dapat dicegah. Tetapi terdapat beberapa cara untuk menghindari agar gejala alergi tidak terjadi atua muncul. Cara paling cepat adalah dengan menghindari alergen penyebab alergi

Menghindari bahan alergen adalah cara tercepat untuk menghindari alergi makanan. Mencoba metode eliminasi diet dapat membantu anda menentukan makanan mana yang menjadi penyebab dari alergi. Biasakan membaca label makanan kaleng untuk mengetahui kandungan zat didalamnya, bisa saja mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan anda karena termasuk alergen bagi anda.

Hindari alergi musiman, kontak terhadap alergen, dan alergi lain dengan cara mengenali dan mengetahu alergen di lingkungan kita. Jika anda alergi terhadap debu, memasang filter udara di ruangan anda adalah hal yang tepat. Panggilah tenaga terlatih untuk membersihkan debu secara teratur di lingkungan atau rumah anda.

Melakukan test alergi adalah cara paling tepat untuk mengetahui apakah anda menderita alergi terhadap suatu benda alergen tertentu. Jika anda sudah mengetahu alergennya, maka anda akan mudah menghindarinya.

Hidup dengan Penderita Alergi
Alergi adalah penyakit umum dan tidak menimbulkan kematian biasanya. Resiko anaphylaxis dapat dihindari dengan mempelajari untuk mengatur alergi mereka dalam situasi mendadak.
Sebagian besar alergi dapat diatur dengan menghindarinya, pengobatan, dan merubah pola hidup. Bekerjasama dengan dokter dan ahli alergi akan membantu anda mengurangi bahaya dari alergi dan komplikasi yang mungkin saja mengikutinya.

Salah satu penyakit alergi yang termasuk Penyakit Kulit ada didalam artikel tersendiri. Kurap dan Panu bukanlah Alergi, kenali gejalanya dan penyebabnya.

Source : http://www.healthline.com/health/allergies?ref=global




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Bokek Traveler, Published at 12:02 PM and have

ADS

..