Penyebab Penyakit Kulit|Kudap|Panu|Kudis|Kanker Kulit|Asma|Penyakit Jantung
..

Penyebab Dehidrasi dan Macam-macam jenis Dehidrasi

Penyebab Dehidrasi dan Macam-macam jenis Dehidrasi

obat dan macam dehidrasi
Penyebab Dehidrasi dan Macam-macam jenis Dehidrasi - Penyebab Dehidrasi 

Beberapa hal menjadi penyebab dehidrasi. Umum pada tubuh yang sehat terdapat suatu keseimbangan antara cairan yang masuk dan keluar dari tubuh dengan distribusi cairan tubuh. Air masuk ke dalam tubuh melalui saluran pencernaan berupa makanan atau minuman dan hasil oksidasi makanan. Sebaliknya air dikeluarkan melalui ginjal, saluran pencernaa, saluran pernafasan, dan kulit. Tidak hanya itu, dalam jumlah kecil, air juga dikeluarkan melalui tenggorok, hidung, mulut, dan susu. Gambaran di atas merupakan sistem keluar masuk air yang secara teratur dilakukan oleh tubuh.
Namun, ada kalanya keluar masuk air ini tidak berjalan lancar, salah satunya karena menderita dehidrasi. Dehidrasi merupakan suatu gangguan dalam keseimbangan air yang disertai pengeluaran air melebihi masuknya air dalam tubuh sehingga air dalam tubuh berkurang.

Penyebab dehidrasi antara lain:
  1. Kekurangan cairan (Water Depletion) Kekurangan cairan merupakan dehidrasi primer yang terjadi karena air sangat terbatas yang diakibatkan oleh penyakit yang menghalangi masuknya air, penyakit mental yang disertai dengan menolak air atau ketakutan akan air (hydrophobia), koma yang terus menerus. Penyebab dehidrasi ini juga bisa dikarenakan pengeluaran peluh yang terlalu banyak, tanpa mendapat penggantian cairan. Gejala khas pada dehidrasi primer: haus, air liur sedikit sekali sehingga mulut kering, sangat lemah, timbulnya gangguan mental seperti halusinasi. 
  2. Dehidrasi Sekunder (Sodium Depletion) Penyebab dehidrasi ini karena tubuh kehilangan cairan tubuh yang mengandung elektrolit. Dehidrasi ini biasanya terjadi setelah penderita mengeluarkan cairan melalui pencernaan pada keadaan muntah-muntah dan diare akut. 
Dehidrasi ini berbeda dengan keluarnya air dari sel yang terjadi pada dehidrasi akibar kekurangan cairan (water depletion), pada dehidrasi ini tidak merasakan rasa haus. Gejala-gejala lain terdiri atas: -Nausea (rasa tidak nyaman di perut terutama bagian ulu hati) -Muntah-muntah -Kekejangan -Sakit kepala -Perasaan lesu dan lelah -Tekanan darah menurun -Kadang bisa menyebabkan pingsan. Pingsan sendiri sebenarnya adalah mekanisme otomatis pertahanan tubuh untuk menghindari kerusakan atau akibat lebih parah dari suatu keadaan, baik itu penyakit, ataupun rasa sakit lain.

Ingatlah, minum air secukupnya setiap hari, terlebih lagi pada cuaca yang ekstrem baik itu terlalu panas ataupun terlalu dingin. Dehidrasi merupakan penyebab penyakit komplikasi lain jika tidak ditanggulangi seperti ginjal, dan sebagainya. namun yang jelas dehidrasi ga akan menyebabkan penyakit kulit :P


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Bokek Traveler, Published at 2:47 PM and have

ADS

..