Penyebab Penyakit Kulit|Kudap|Panu|Kudis|Kanker Kulit|Asma|Penyakit Jantung
..

Mengenali Penyebab Penyakit Glaukoma

Mengenali Penyebab Penyakit Glaukoma

penampang mata glaukoma
Penyebab Penyakit Glaukoma - Indra penglihatan merupakan aset penting dalam kehidupan. Oleh karena itu menjaga indra penglihatan sangat diperlukan. Sekitar 4,5 juta jiwa di dunia menjadi buta karena disebabkan penyakit glaukoma. Di Indonesia, glaukoma merupakan penyakit penyebab kebutaan kedua setelah katarak. Jumlah penderita pada Maret 2014 mendekati 250.000 jiwa. Glaukoma merupakan penyakit rusaknya syarat optik pembawa sinyal penglihatan dari mata ke otak. Akibat syaraf tidak berfungsi optimal, hal inilah yang menyebabkan kebutaan. http://www.penyebab-penyakit.com/2014/11/mengenali-penyebab-penyakit-glaukoma.html

Berikut ini beberapa jenis dan penyebab penyakit glaukoma:
  1. Glaukoma Primer Sudut Terbuka (Primary Open Angle Glaucoma) Glaukoma ini merupakan jenis glaukoma secara umum menyerang manula (usia di atas 50 tahun). Penyakit glaukoma berkembang secara perlahan dan tidak menyakitkan. Sehingga penderita kadang tidak menyadari penglihatannya semakin memburuk. Penglihatan sekeliling pinggiran luar (parifer) dan penglihatan malam hari akan menurun kualitasnya sebelum penglihatan sentral. Penyebab penyakit galukoma jenis ini karena tekanan bola mata tinggi. Secara normal, takanan bola mata 14-16 milimeter air raksa (mmHg), namun pada penderita penyakit glaukoma mempunyai tekanan bola mata di atas 20 mmHg. Penyebab kerusakan syaraf mata ini karena ketidakseimbangan produksi cairan dan pembuangan dalam bola mata. Tekanan di atas normal ini secara sedikit demi sedikit dan terus menerus akan merusak syaraf dan kualitas penglihatan menurun. Oleh karena itu, perlu periksa mata jika usia di atas 40 tahun. Meskipun demikian, ada juga penderita glaukoma yang mempunyai tekanan bola mata normal. 
  2. Glaukoma sudut tertutup (Angle Closure Glaucoma) Penyebab penyakit glaukoma jenis ini sering menyerang orang dengan penglihatan jauhnya buruk. Selain itu, peyebab penyakit ini juga cenderung bawaan dari lahir atau keturunan keluarga. Penyebab penyakit glaukoma jenis ini dalah berkurangnya aliran cairan mata melaui ruang antara iris dan lensa mata. 
  3. Glaukoma Tekanan Bola Mata Normal (Normal Tension Glaucoma) Meskipun tekanan bola mata normal, glaukoma jenis ini tetap saja menyerang. Penyebab penyakit glaukoma ini adalah kerusakan syaraf optik dan kehilangan lapang pandangan meski tekanan bola mata normal. Rusakanya syaraf optik ini mengurangi sirkulasi darah ke mata mematikan sel-sel yang bertugas membawa rangsang (implus) dari retina ke otak. Penyebab penyakit glaukoma ini sering ada pada penderita yang mempunyai riwayat penyakit pembuluh darah. 
  4. Pigmentary Glaucoma Penyebab penyakit glaukoma jenis ini merupakan turunan dari penyakit glaukoma jenis glaukoma primer sudut terbuka. Pria dengan kacamata minus (miop) lebih sering terkena penyakit ini daripada wanita. 
  5. Congenital Glaucoma Sistem pengaliran cairan mata yang tidak normal menjadi penyebab penyakit galukoma jenis ini. Hal ini bisa terbawa sejak lahir dan kemudian berkembang. Penyakit ini bisa diketahui sejak dini dengan cara memperhatikan anak apakah rentan (sensitif) terhadap cahaya atau tidak dan mata berair secara berlebihan. 
  6. Glaukoma Sekunder Penyebab penyakit glaukoma jenis ini disebabkan oleh kondisi lain mata. Katarak, trauma, diabetes, dan operasi mata sebelumnya menjadi salah satu kelainan mata penyebab penyakit glaukoma ini. 

Penggunaan obat-obatan steroid juga cenderung menjadi penyebab penyakit glaukoma ini. Itulah beberapa jenis dan penyebab penyakit glaukoma. Sampai sekarang, penyakit yang dijuluki “Pencuri Penglihatan” ini belum bisa disembuhkan, namun dapat dikontrol perkembangannya. Semoga kesehatan indra penglihatan kita tetap terjaga ya?


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Bokek Traveler, Published at 8:36 AM and have

ADS

..