Penyebab Penyakit Kulit|Kudap|Panu|Kudis|Kanker Kulit|Asma|Penyakit Jantung
..

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Lupus atau penyakit Autoimmune

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Lupus atau penyakit Autoimmune

Penyakit Lupus adalah penyakit autoimmune yang diderita lebih dari 1.5jt orang di Amerika Serikat. Data penderita penyakit lupus di Indonesia sampai saat artikel ini ditulis belum kami dapatkan. Dalam keadaan normal sistem kekebalan tubuh (immune system) berfungsi sebagai pelindung tubuh dari serangan penyakit dari luar seperti virus dan bakteri. Dalam hal penyakit lupus, sistem kekebalan tubuh mengalami kondisi abnormal sehingga mereka menyerang bagian tubuh dan merusak jaringan yang sehat selain juga organ tubuh kita. Penyakit Lupus dapat menyebabkan masalah serius pada ginjal, sistem saraf, jaringan darah dan kulit.

Jenis-Jenis Penyakit Lupus
Ada beberapa jenis lupus yang berbeda, setiap jenis memiliki penyebab yang berbeda-beda pula. Berikut adalah 2 jenis penyakit lupus yang sering diderita oleh manusia :
  1. Systemic Lupus Erythematosus (SLE) adalah tipe lupus yang paling sering ditemukan. Lupus jenis ini menjangkiti beragam organ dalam tubuh seperti ginjal, paru paru, otak dan arteri darah.
  2. Cutaneous Lupus Erytematosus (CLE) menjangkiti kulit. Lupus jenis ini sangat jarang ditemukan pada wanita hamil, namun jika diderita pada wanita hamil, maka anak yang dilahirkan kemungkinan akan lahir dengan ruam-ruam merah pada kulitnya, gangguan hati, dan terkadang cacat jantung bawaan.
Gejala-gejala umum Penyakit Lupus
Orang yang mengidap penyakit lupus terkadang memiliki gejala seperti orang yang terkena penyakit flu. Mereka merasa sangat lelah, pusing kepala, dan demam, terkadang persendian terasa sangat sakit. Karena persamaan gejala-gejala inilah maka kadang lupus salah diagnosa sebagai arhtitis, fibromylgia, dan masalah kelenjar tiroid/gondok. Karena gejalanya yang samar dan tidak terlalu jelas, penyakit lupus agak sulit dideteksi, bahkan penyakit lupus sendiri dikatakan "the great imitator" oleh istilah kedokteran asing.

Sakit Persendian dan Kelelahan
Lebih dari 90% orang yang menderita lupus akan merasakan sakit pada persendian dan rasa lelah. menurut asosiasi lupus amerika serikat, sebagian besar rasa sakit yang mengganggu tersebut disebabkan oleh pembengkakan yang dipicu oleh penyakit lupus. terkadang orang merasakan sakit dan kaku pada persendian, yang disebut arthritis lupus. Lupus juga dapat melemahkan otot, terutama pada bagian selangkangan, paha, bahu dan lengan bagian atas. Sebagai tambahan, penyakit ini dapat menyebabkan sindrom carpal tunnel, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan mati rasa pada bagian jari dan tangan.

penyebab penyakit lupus
Ruam-Ruam Berbentuk Bulat Tanda Lupus
Lupus dapat menjangkiti kulit (cutaneous Lupus) dan timbul dalam beragam bentuk dan menyebabkan beragam ruam-ruam pada kulit. Discoid Lupus terjadi pada orang yang menderita Chronic Cutaneous Lupus (CCLE). Lupus jenis ini menyebabkan ruam berbentuk koin merah pada kulit yang timbul di daerah leher, hidung, kuping, ruam ini tidak sakit atau gatal, namun ketika menghilang akan menyebabkan perubahan warna kulit yang tidak dapat hilang. Jika ruam terjadi pada kulit kepala, terkadang kebotakan bisa saja terjadi, dan seringnya kebotakan itu bersifat permanen karena jaringan kutikula rambut sudah rusak.

Ruam-Ruam Berbentuk Lingkaran Tanda Lupus
Pada orang yang menderita Subacute Cutaneous Lupus (SCLE), ruam tampak seperti lingkaran berwarna merah. Biasanya ruam ini timbul pada bagian tubuh yang terpapar matahari, seperti tangan, pundak, leher, dada dan punggung. Menderita SCLE membuat anda lebih sensitif terhadap cahaya matahari. Anda harus berhati-hati ketika ingin bepergian pada siang hari dibawah sinar matahari yang terik.

gambar lupus
Ruam Berbentuk Kupu-Kupu Tanda Lupus
Ketika systemic lupus kambuh, anda akan melihat ruam seperti terbakar sinar matahari pada wajah anda. Ruam kupu-kupu ini adalah tanda dari Acute Cutaneous Lupus (ACLE). Ruam sangat jelas tampak seperti sayap kupu-kupu. Ruam ini juga dapat timbul pada bagian lain dari tubuh seperti hidung, tangan, kaki, punggung, terutama yang sering terpapar sinar matahari langsung. Ruam ACLE sangat sensitif terhadap cahaya matahari

Anemia sebagai Efek Samping Penyakit Lupus
Sel darah merah yang mendistribusikan oksigen kepada hati dan paru-paru serta anggota tubuh lainnya sangatlah vital. Pada lupus, sistem kekebalan tubuh dapat saja menyerang sel darah merah yang sehat, menyebabkan kondisi yang disebut Hemolytic Anemia. Memiliki sel darah merah yang sedikit dapat menyebaban gejala seperti kelelahan, nafas pendek, pusing, dan kulit serta mata yang berwarna kekuningan.

Pembekuan atau Penyumbatan Darah Akibat dari Lupus
ciri penyakit lupus

Pembekuan darah dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah pada sistem darah manusia. Pada penderita lupus, thrombosis dapat saja terjadi, menyebabkan penggumpalan darah ditempat yang tidak semestinya. Hal ini sangat berbahaya, terutama jika penggumpalan terjadi di daerah seperti paru-paru, jantung, dan bagian vital lain daripada tubuh kita.

Gangguan Sistem Saraf Akibat Lupus
Lupus seringkali juga menyerang jaringan saraf, membuat sel saraf membawa pesan yang salah ke otak. Kerusakan akibat lupus ini dapat menyebabkan gejala penyakit yang sangat banyak seperti pusing kepala, kebingungan, gangguan penglihatan, gangguan selera, sakit kepala, dan mati rasa pada beberapa bagian tubuh. Ketika lupus menyerang jaringan saraf pada kaki dan tangan, hal ii dapat menyebabkan fenomena Raynaud, dimana ujung daripada jari jemari kita berubah warna menjadi merah, putih, atau biru. Jari jemari kita juga mungkin terasa mati rasa ataupun sakit yang teramat sangat ketika terekspos dengan udara dingin.

Penyakit Lupus dan Paru-Paru
Ketika Lupus menyerang organ Paru, hal ini dapat menyebabkan kesulitan bernafas. Jika membran disekitar paru-paru terjadi pembengkakan (pleurisy), pembengkakan itu menekan dinding paru sehingga kita akan merasa sakit ketika bernafas. Lupus dapat juga menyebabkan pulmonary hypertension, suatu bentuk tekanan darah tinggi yang terjadi dibagian jaringan darah yang menghubungkan paru dengan jantung. Karena hanya sedikit darah yang mengalir dari paru-paru maka organ jantung menjadi bekerja ekstra keras untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh

gambar gejala lupus
Pembengkakan Cairan Karena Penyakit Lupus
Diantara semua organ yang diserang lupus, ginjal adalah organ yang paling sering diserang. Ginjal secara normal adalah penyaring darah dan membersihkan darah sebelum diedarkan kembali ke seluruh tubuh. Sekitar 1/3 penderita lupus akan menderita penyakit yang berhubungan dengan ginjal yang disebut lupus nephritis. Salah satu gejala lupus nephritis adalah edema, atau penumpukan cairan pada bagian tubuh tertentu seperti kaki, angkel dan telapak kaki.







Untuk penyakit kulit lainnya dapat melihat di artikel yang berbeda ya, seperti kurap, panu maupun penyebab penyakit asma

Kanker Kulit Penyakit Asma


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Bokek Traveler, Published at 8:32 AM and have

ADS

..