Penyebab Penyakit Kulit|Kudap|Panu|Kudis|Kanker Kulit|Asma|Penyakit Jantung
..

Penyebab Penyakit Cacar Air Varicella dan Ciri Gejalanya

Penyebab Penyakit Cacar Air Varicella dan Ciri Gejalanya


Penyebab Penyakit Cacar Air Varicella dan Ciri Gejalanya - Ketika kuliah saya sering menjumpai teman yang sakit tidak masuk cukup lama dari 2 minggu sampai 1 bulan lebih lamanya tidak kelihatan, saya pikir sakit parah dan tidak sembuh-sembuh setelah teman saya, si mantan penderita penyakit sudah kembali masuk kuliah saya menanyakan kemarin sakit apa, jawabanya adalah penyakit Cacar Air. Yap penyakit ini pernah saya derita ketika SD dulu diawali badan panas dan timbul cacar yang berlangsung kurang lebih 1 minggu, setelah itu saya sudah diperbolehkan masuk ke sekolah tapi bekas Cacar Air di kulit masih belum menghilang. Hal ini mungkin yang membuat saya sedikit beruntung ketika kecil dulu menganggap enteng bekas Cacar Air… hehe sekarang bekasnya sudah hilang. Dan memang ketika kita terkena Cacar Air ketika dewasa bekas dari Cacar Air ini memang sulit memudar dibanding penderita Cacar Air pada anak-anak.

Penyakit Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Biasanya penderita cacar mengalami panas, pilek, lesu, kehilangan nafsu makan yang merupakan gejala-gejala cacar air, beberapa hari kemudian mulai muncul bentol-bentol kemerahan di kulit. Bentol-bentol pada kulit ini berisi cairan yang mudah pecah karena memiliki dinding kulit yang tipis apabila tersentuh, rasanya nyeri juga gatal sehingga selalu muncul kecenderungan untuk menggaruk. Jika bentol-bentol cacar ini dibiarkan nantinya akan mengering dengan sendirinya dan terlepas dari kulit, namun juga biasanya meninggalkan bekas hitam di kulit.

Bekas cacar ini lama-kelamaaan akan memudar dan hilang. Bentol-bentol cacar air apabila dipecahkan nantinya bekas yang ditinggalakan akan lebih dalam dan sulit untuk memudar terutama pada penderita cacar dewasa, oleh karena itu sebaiknya usahakan tidak menggaruk kulit yang terkena cacar, selain itu hal ini juga berpotensi tinggi terjadinya infeksi bakteri pada bekas luka cacar yang akan memperburuk kondisi dan memperlama proses penyembuhan.

Cara Pengobatan Cacar Air
Cacar Air ini meskipun sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, penderita dapat terkena kembali Cacar Air apabila daya tahan tubuh lemah. Setelah masa penyembuhan perawatan bekas luka bentol-bentol di kulit juga harus diperhatikan karena dapat menibulkan infeksi, seperti mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin terutama vitamin C dan E yang bisa didapat dari jambu biji, tomat atau makanan olahan dari lidah buaya.

Penggunaan external seperti lotion untuk kulit langsung yang mengandung pelembab juga diperlukan untuk menghindari iritasi lebih lanjut. Umumnya pederita cacar air anak-anak dibawah umur sepuluh tahun dan apabila sudah pernah terkena penyakit ini orang tersebut memiliki daya tahan khusus terhadap Cacar air, untuk mencegah terkena Cacar Air bisa dilakukan vaksinasi. Sayangnya di Indonesia cacar air memang bukan termasuk daftar penyakit yang masuk dalam daftar imunisasi wajib anak, tetapi diajurkan. Sebaiknya penderita Cacar air diisolasikan dari tempat-tempat ramai seperti sekolah, tempat kerja untuk mencegah terjadi penularan virus varicella, karena virus ini mudah sekali menular pada saat 2 hari sebelum bentol-bentol muncul sampai seminggu kedepanya, hingga mengering dan menjadi koreng.

Penyakit Cacar Air umumnya menyerang anak-anak, orang tua sebaiknya paham dan mengenali tanda-tanda buah hatinya apabila terkena Cacar dan tahu tindakan yang harus diambil, meskipun cacar air tidak memiliki penanganan khusus, pengobatan bertujuan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan. Pada penderita khusus yang memiliki daya tahan tubuh yang sangat lemah seperti bumil dan bayi sebaiknya secepat mungkin dicarikan pertolongan medis karena sangat berpotensi terjadi komplikasi apabila terjangkin virus cacar air dan gejala-gejala terlihat.

Penyebab penyakit cacar air varicella adalah virus, oleh karena itu tidak ada pengobatan kecuali vaksin yang diberikan pada saat bayi. Virus akan dengan sendirinya hilang. Cara terbaik adalah menjaga kondisi kesehatan dan asupan gizi pasien penderita cacar air, sekaligus menjaga sanitasi agar tidak menular dan menyebar ke orang lain. Berbeda dengan penyakit panu dan penyakit kurap yang disebabkan oleh jamur. Kanker Kulit Penyakit Asma


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Bokek Traveler, Published at 3:26 PM and have

ADS

..