Penyebab Penyakit Kulit|Kudap|Panu|Kudis|Kanker Kulit|Asma|Penyakit Jantung
..

Gejala Gejala Dini Pada Penderita Kanker Kulit

Gejala Gejala Dini Pada Penderita Kanker Kulit

Kanker kulit seperti telah disebutkan pada artikel tentang Penyebab Penyakit Kanker Kulit adalah salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia, terutama kita yang berada di daerah tropis.
Kanker kulit biasanya berkembang pada bagian tubuh yang paling sering terpapar terekspos ataupun terkena sinar ultraviolet matahari. Biasanya kanker kulit akan tumbuh pada bagian kulit disekitar wajah, dada, lengan dan tangan, tetapi bisa juga muncul di bagian leher, kuping, bibir dan pundak. Kanker kulit juga bisa muncul dibagian tubuh lain yang tidak terkena sinar ultraviolet matahari. Biasanya kanker kulit akan muncul dalam bentuk bercak, bintik, keriput, atau noktah pada bagian tertntu dari tubuh dimana sel kanker itu tumbuh dan berkembang.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang Gejala Gejala Pada Penderita Kanker Kulit terutama jenis Keratosis, Carcinoma dan Melanoma.

1. Actinic Keratosis
Actinic Keratosis tumbuh dalam bentuk seperti lesion / lapisan kulit yang seperti sisik, biasanya tumbuh di kulit kepala, wajah, kuping, bibir, telapak tangan, lengan, pundak dan atau leher. Area-area tersebut adalah area yang sangat rentan terpapar oleh sinar ultraviolet. Biasanya gejala-gejala kanker kulit tersebut sangatlah kecil, dan hanya terasa ketika kita raba karena tidak terlihat. Gejalanya terasa seperti anda memegang amplas ataupun pasir pada kulit anda.

2. Carcinoma (basal cell carcinoma dan squammous cell carcinoma)
Basal cell carcinoma biasanya tumbuh sebagai benjolan yang terasa seperti lilin, biasanya timbul di bagian tubuh yang terpapar oleh radiasi ultraviolet matahari.
Squamous Cell Carcinoma biasanya sering timbul pada bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari, tetapi bisa juga timbul pada bagian dalam mulut pada bagian alat kelamin Anda. Tumor atau sel kanker ganas yang disebabkan oleh squamous cell carcinoma memiliki gejala dan bentuk yang beragam, termasuk didalamnya :
- Benjolan berwarna merah
- Keriput pada lapisan kulit dengan terasa sisik dan kasar
- sariawan didalam mulut
- bercak merah dan panas didaerah anus atau alat kelamin

Squamous Cell Carcinoma terkenal menyebabkan rasa gatal yang teramat sangat, yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan rasa terbakar pada kulit. Menggaruk bagian kulit yang gatal akan menyebabkan infeksi yang kadang butuh perawatan dengan antibiotik.

3. Melanoma
Melanoma adalan bentuk paling mematikan dari kanker kulit, biasanya tumbuh pada kaki bagian bawah terutama pada wanita, dan juga pada bagian dada, punggung, kepala dan leher terutama pada laki laki. Berikut adalah beberapa gejala atau karakteristik dari kanker kulit melanoma yang bisa saja berbentuk benjolan, keriput, noktah pada kulit:

Jika bentuk keriput disekitar benjolan berbentuk tidak beraturan, dan bukannya bulat biasanya itu adalah tanda-tanda perubahan sel kanker.

Perubahan warna
Perubahan warna pada benjolan atau keriput dapat juga menjadi ciri lain dari perkembangan sel kanker. Harap perhatikan terhadap perubahan perubahan pada warna disekitar tempat yang anda curigai sebagai tempat berkembangnya sel kanker.

Walaupun tidak berbahaya, bentuk sel kanker lain yang bisa berpotensi berbahaya adalah noda hitam ang tumbuh pada telapak tangan, telapak kaki, ujung kuku, dan jempol, atau pada membran mukus didalam mulut, hidung, alat kelamin ataupun anus.

Diameter
Dalam beberapa kasus, memiliki benjolan atau keriput yang lebih besar dari 6mm dapat menjadi tanda-tanda gejala perkembangan penyakit kanker kulit.

Kurang Pengobatan
Jika anda memiliki benjolan, keriput atau perkembangan sel kulit yang tidak kunjung sembuh atau berdarah, harap segera menghubungi dokter.

Gejala-Gejala Kanker Kulit jenis lain
- Kaposi Sarcoma, berkembang didalam aliran darah pada kulit mesodermis, dan tampak seperti bercak merah ke unguan pada beberapa bagian tubuh yang terpapar sinar ultraviolet matahari
- Merkel Cell Carcinoma, biasanya berkembang menjadi benjolan yang keras, berkilau pada bagian kulit yang terpapar sinar ultraviolet matahari, terutama pada kulit dan kuit kepala.
- Sebaceous Gland Carcinoma adalah sel kanker yang agresif yang menyebabkan benjolan yang keras dan menyakitkan, terutama timbul pada bagian kelopak mata.



Jangan lupa baca artikel tentang Penyebab Penyakit Kanker Kulit , dan  34 Macam Penyakit Kulit dan Penyebabnya

Diterjemahkan oleh  http://penyebab-penyakit.com dari http://healthline.com .

Kanker Kulit Penyakit Asma





share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Bokek Traveler, Published at 12:43 PM and have

ADS

..