Penyebab Penyakit Kulit|Kudap|Panu|Kudis|Kanker Kulit|Asma|Penyakit Jantung
..

Obat Diare dan Pengobatan Tradisional Diare

Obat Diare dan Pengobatan Tradisional Diare

Diare

adalah penyakit yang sering terjadi baik pada orang dewasa maupun pada anak dan balita. Diare adalah kelainan pada saat buang air besar yang paling utama disebabkan oleh bakteri dan sanitasi yang tidak baik. Selain itu diare juga bisa disebabkan oleh pola adaptasi saluran pencernaan terhadap makanan yang masuk. misalnya pada balita yang baru saja mengganti susu formula, maka bisa saja menderita kelainan buang air besar atau diare karena saluran pencernaan butuh waktu untuk beradaptasi dengan susu formula yang baru.

Pada artikel terdahulu yaitu Penyebab Penyakit Diare kita dapat melihat secara lengkap beragam penyebab kelainan buang air besar ini. nah untuk artikel kali ini kita akan mencoba menjabarkan beberapa obat diare tradisional yang mungkin dapat digunakan untuk mengatasi diare.

Obat Diare Tradisional 
Selain obat2xan kimiawi yang dijual bebas di toko obat dan apotik seperti carbon, dsb, sejak dulu nenek moyang kita juga sudah mengenal beragam obat diare tradisional yang berasal dari herbal, seperti dibawah ini:

1. Daun Kayu Putih
Daun Kayu putih dikenal sebagai bahan anti bakteri yang baik, selain juga digunakan sebagai sumber minyak atsiri yaitu minyak kayu putih. Cara mengolahnya adalah ambilah 10 gram daun kayu putih, lalu campurkan dengan air 600ml (2 gelas kecil).
Setelah itu rebuslah campuran tadi hingga tersisa 1 gelas. setelah dingin, diminumkan kepada penderita diare. rasanya memang sedikit pedas pedas hangat, mungkin kurang cocok untuk diberikan kepada penderita balita. teruskan pengobatan hingga buang air besar penderita menjadi normal

2. Kunyit
Kunyit juga merupakan salah satu umbian herbal yang memiliki banyak khasiat. Cara mengolahnya adalah siapkan kunyit sekitar 1/2 rimpang, lalu 1 sendok kapur sirih dan 1 gelas air.
Iris kunyit tipis2x, kemudian rebus bersama 1 gelas air sehingga tersisa 1/3 gelas. tambahkan 1 sendok kapur sirih dan aduk hingga rata. setelah dingin, saring dan minum airnya. lakukan minimal 3 x sehari.
kapur sirih akan berguna untuk menetralkan racun dalam saluran pencernaan dan kunyit berfungsi sebagai anti bakteri dalam usus.

3. Akar Jeruk Nipis
Mungkin agak sulit menemukan akar jeruk nipis, tetapi ini adalah salah satu obat diare tradisional warisan leluhur kita. Cara mengolahnya adalah cuci bersih 4 potong akar jeruk nipis dalam 6 gelas air sehingga tersisa sekitar 4 gelas. setelah dingin, airnya disaring dan diminum 2x sehari.

4. Daun sendok
Sediakan 30gr daun sendok segar dan 3 gelas air bersih. cara mengolahnya adalah mencampur kedua bahan dan direbus sehingga tersisa 1 gelas air. setelah dingin diminumkan airnya kepada penderita diare 2x sehari.,

5. Garam Oralit
Bahaya utama dari penyakit diare adalah penderita akan kekurangan cairan elektrolit karena kelainan pada saat buang air besar. untuk mengganti cairan yang hilang ini dibutuhkan cairan elektrolit ringan yang dapat mengganti cairan tubuh tersebut secara instan dan cepat. Garam oralit yang mudah kita temukan diapotik bisa menjadi jalan keluarnya, bisa juga air kelapa ataupun minuman elektrolit.
Jika tidak ada, cukup campurkan air, gula dan garam dan diminumkan kepada penderita diare.

Sekian artikel tentang obat diare tradisional, silahkan cari informasi mengenai penyebab penyakit lainnya disini.





share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Bokek Traveler, Published at 1:53 PM and have

ADS

..