Penyebab Penyakit Kulit|Kudap|Panu|Kudis|Kanker Kulit|Asma|Penyakit Jantung
..

Jamur Trychophyton, Microsporum dan Epidemophyton Penyebab Kurap

Jamur Trychophyton, Microsporum dan Epidemophyton Penyebab Kurap

Jamur Penyebab Penyakit Kurap - Penyakit kurap atau dalam bahasa Inggrisnya Ringworm (karena membentuk bekas luka parut berbentuk bulat) aalah penyakit kulit yang disebabkan oleh perkembangan Jamur Parasit yang tidak terkendali. Selain karena sanitasi yang kurang baik, penyakit kurap yang disebabkan jamur ini juga sering terjadi pada daerah lembab dan panas seperti iklim tropis Indonesia.

Jamur penyebab penyakit kurap berdasar dari genus Trycopyton, Microsporum dan Epidermopyton.

1. Jamur Trycophyton

gambar jamur penyebab kurapJamur genus Trichophyton ditandai dengan pengembangan baik microconidia makro dan halus berdinding. Macroconidia sebagian besar ditanggung lateral langsung pada hifa atau tangkai pendek, dan tipis atau berdinding tebal, clavate untuk fusiform, dan berkisar 4-8 oleh 8-50 pM dalam ukuran. Macroconidia sedikit atau tidak ada dalam banyak spesies. Microconidia adalah bulat, pyriform untuk clavate atau yang bentuknya tidak beraturan, dan berkisar dari 2 hingga 3 oleh 2 sampai 4 pM dalam ukuran. Spesies Trichophyton adalah penyebab paling umum dari kaki atlet (tinea pedis)

2. Jamur Microsporum
Microsporum adalah genus jamur yang menyebabkan tinea capitis , tinea corpus , kurap , dan dermatophytoses lain ( infeksi jamur pada kulit ) . Bentuk Microsporum kedua macroconidia ( struktur reproduksi aseksual besar ) dan microconidia ( struktur reproduksi aseksual yang lebih kecil ) pada konidiofor pendek . Macroconidia adalah hialin , multiseptate , variabel dalam bentuk , fusiform , berbentuk gelendong untuk obovate , 7-20 oleh 30-160 um dalam ukuran, dengan echinulate tipis atau tebal untuk verrucose dinding sel . Bentuk , ukuran , dan dinding sel fitur adalah karakteristik penting untuk identifikasi spesies . Microconidia adalah hialin , bersel tunggal , pyriform untuk clavate , berdinding halus , 2,5-3,5 4-7 um dalam ukuran dan tidak diagnostik untuk salah satu spesies .

Pemisahan genus ini dari Trichophyton pada dasarnya didasarkan pada kekasaran dinding sel macroconidial , meskipun dalam praktek ini kadang-kadang sulit untuk mengamati . Tujuh belas spesies Microsporum telah dijelaskan ; Namun , hanya spesies yang lebih umum termasuk dalam deskripsi ini .

3. Jamur Epidermophyton
Epidermophyton adalah genus jamur yang menyebabkan dangkal dan kulit mikosis, termasuk E. floccosum, penyebab tinea corporis (kurap), tinea cruris (gatal-gatal), tinea pedis (kaki atlet), dan onikomikosis atau tinea unguium, infeksi jamur kuku.

Sebagaimana umumnya jamur, maka jamur jamur penyebab kurap ini berkembang biak dengan spora. sangat mudah menular dan menyebar. Cara paling baik untuk menghindarinya adalah dengan menjaga kebersihan badan dan lingkungan sebaik mungkin. dan jika memang sudah terkena penyakit kulit ini, obat paling ampuh biasanya adalah obat luar, yang bisa langsung berkontak dengan jamur dan sporanya.

Sekian artikel tentang mengenal nama jamur penyebab penyakit kurap ini, semoga berguna.
www.penyebab-penyakit.net




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Bokek Traveler, Published at 10:40 AM and have

ADS

..