Penyebab Penyakit Kulit|Kudap|Panu|Kudis|Kanker Kulit|Asma|Penyakit Jantung
..

Pengobatan Gejala Tipus (Salmonella Typhii) pada Anak

Pengobatan Gejala Tipus (Salmonella Typhii) pada Anak

Pengobatan Gejala Tipus (Salmonella Typhii) pada Anak - 2 hari full nemenin anak kesayangan karpet rest (ga maw di bed) karna gejala tifus. Awalnya si hari sabtu dan minggu kemarin, biasa weekend sampai seharian main di luar panas2xan. main pasir, masak2xan, dan lain lain. Sebagai orang tua yang berusaha untuk tidak mengatakan "Jangan" ya kita izinkan saja anak bermain dan bersosialisasi.
Namun pada hari senin, sepulang sekolah (masih riang) ga lama dia bilang.. "kok kepala shafa pusing ya??" dan tumben2xan mao bobo siang sendiri. nah sore harinya baru mulai.. badannya mulai demam, dan mukanya kelihatan sakit. dicoba dulu ditahan dengan paracetamol (termorex), selang 1-2 jam ga ada pengaruh.. malamnya makin panas..
Udah mulai curiga ini bukan demam or masuk angin biasa, karna obat penurun panas ga ngaruh. coba cek lidahnya, yang memang agak putih berbercak2x merah, lalu kakinya dingin, tapi dari badan ke atas panasnya tinggi sekali. Hampir dipastikan ini gejala demam typhoid (tifus).

Apa itu Penyebab Penyakit Tifus pada Anak
Demam Typhoid or orang sering bilang gejala tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhii yang memang secara normal ada dibadan kita dalam jumlah yang tidak berbahaya. nah tetapi ketika imune tubuh drop karna cape atau sakit, bisa jadi dia berkembang diluar kontrol dan menyebabkan sakit. Ciri2x umumnya adalah sakit pada perut bagian kiri dibawah lambung, tepat di usus 12 jari tempat dia bersarang. Demam tinggi yang tidak bisa turun oleh paracetamol ataupun ibuprofen (bisa turun menggunakan sodium metamizol atau merk dagangnya Novalgin , tapi ini obat keras, hati2x penggunaanya). lidah tampak putih dan tremor, lalu kaki dingin walaupun badan demam yang sangat tinggi. Biasanya demam menyerang mulai sore hingga pagi, sedangkan pagi dan siang tampak sembuh.

Mengatasi dan Mengobati Gejala Tifus Pada Anak
Demam sudah pasti akan mengganggu anak anda, demam tinggi yang tidak bisa dikontrol akan menimbulkan bahaya tersendiri. jadi ketika mengobatinya kita perlu mengontrol agar demam tidak tinggi dan berkelanjutan. Obat tradisional seperti kapsul cacing bisa diberikan jika anak bisa menelannya, jika tidak maka obat penurun panas seperti paracetamol, ibuprofen ataupun sodium metamizole bisa digunakan. bisa juga dibantu dengan kompress air dingin secara berkala.
Setelah demam bisa kita kontrol atau kurangi, saatnya menyerang penyebab penyakit itu sendiri yaitu bakteri Salmonella. Bakteri Salmonella dapat ditumpas dengan antibiotik seperti Ciprofloxacin (Dewasa) dan Cefadroxyl (anak), jika tidak menemukan kedua antibiotik ini maka bisa digunakan amoxilin dan ampicilin. Untuk kasus anak saya, saya memberikan cefadroxyl oral tipe bubuk (ditambahkan aquadest) sesuai dosis yang disarankan.

Merawat Anak yang Menderita Gejala Tifus
Selain pengobatan, perawatan anak juga harus diperhatikan. TIfus disebabkan oleh kurang higienisnya makanan ataupun lingkungan. dan karena yagn di serang adalah perut dalam hal ini usus 12 jari, maka asupan makanan harus diperhitungkan. Berikan makanan yang mudah di cerna, seperti bubur, ataupun buah2xan. Kalau saya memberikan bubur untuk sarapan, lalu agar2x saja, di selingi oleh susu dan banyak minum air putih.

Alhamdulillah setelah 2 hari perawatan full, hari ini (hari ke - 3) sudah bisa lincah lagi, tapi tetap.. antibiotik harus habis, dan masa recovery ini harus dijaga. makanan bergizi dan vitamin untuk menunjang kesembuhannya.
Intinya adalah penanggulangan segera setelah menyadari adanya penyakit, dan minta rekomendasi dokter kalau penyakitnya tidak dikenal ataupun anda tidak mengerti.

Semoga artikel tentang Pengobatan Gejala Tipus (Salmonella Typhii) pada Anak ini berguna bagi anda skalian.. ^^V


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Bokek Traveler, Published at 10:03 PM and have

ADS

..