Penyebab Penyakit Kulit|Kudap|Panu|Kudis|Kanker Kulit|Asma|Penyakit Jantung
..

Jenis dan Penyebab Penyakit Kanker Kulit

Jenis dan Penyebab Penyakit Kanker Kulit

gambar kanker kulit
Jenis dan Penyebab Penyakit Kanker Kulit - Kanker Kulit adalah pertumbuhan sel kanker ganas pada kulit yang tidak terkendali. Pada artikel ini kita akan mengenali beragam jenis kanker kulit dan penyebabnya. Sel sel kanker pada kulit itu dapat menyebar ke organ lainnya seperti limfa, tulang, dan organ dalam lainnya dimana tempat dia berkembang. Kanker kulit adalah jenis kanker yang paling sering di derita. Menurut data Dinas Kesehatan USA, 1 dari 5 orang di US menderita kanker kulit.

Fungsi dan Tugas Kulit (Organ Peraba) Pada Manusia
Kulit anda berfungsi sebagai pembatas dan pelindung tubuh anda dari kekurangan cairan, bakteri dan benda berbahaya lainnya. Bagian luar dari kulit dinamakan epidermis, adalah lapisan yang selalu berhubungan dengan lingkungan. Walaupun lapisan epidersmis selalu berganti, namun bagian ini dapat mengalami kerusakan karna pengaruh matahari, infeksi, terluka ataupun penyakit kulit lainnya. Lapisan epidermis terdiri dari beragam sel.

Jenis-Jenis Kanker Kulit beserta Gambarnya
gambar kanker kulit actinic keratosis
1. Actinic Keratosis
Actinic keratosis adalah jenis lain dari merah, merah muda, atau luka kasar pada kulit di daerah terkena sinar matahari tubuh. Ini adalah bentuk paling umum dari prakanker dan dapat berkembang menjadi karsinoma sel basal pada pasien dengan riwayat dari dua atau lebih kanker kulit (Skin Cancer Foundation, 2012). Meskipun jarang, penyakit ini juga bisa menjadi pelopor untuk karsinoma sel skuamosa, dan keduanya sering salah didiagnosis sebagai satu sama lain.

2. Basal Cell Carcinoma
gambar kanker kulit basal cell carcinomaSel-sel basal membentuk lapisan terendah dari epidermis, lapisan basal. Kanker di dalam daerah ini dikenal sebagai karsinoma sel basal, dan terdiri dari sekitar 80 persen dari semua kasus kanker kulit (Columbia University, 2009). Paling umum di kepala dan leher, karsinoma sel basal adalah kanker yang tumbuh lambat yang jarang menyebar ke bagian lain dari tubuh. Biasanya menunjukkan pada kulit dibangkitkan, benjolan merah muda lilin. Karsinoma sel basal infiltrasi dapat muncul tembus dengan pembuluh darah dekat permukaan kulit.

gambar kanker kulit squamus cell carcinoma
3. Squamous Cell Carcinoma
Karsinoma sel skuamosa mempengaruhi sel-sel di lapisan tengah epidermis. Hal ini biasanya lebih agresif daripada karsinoma sel basal. Ini muncul sebagai merah, bersisik, dan lesi kulit kasar, biasanya di daerah terkena sinar matahari, seperti tangan, kepala, leher, bibir, dan telinga. Bercak merah mirip mungkin karsinoma sel skuamosa in situ (penyakit Bowen), bentuk paling awal dari kanker sel skuamosa.

4. Melanoma
gambar kanker kulit melanomaKurang umum daripada jenis lain, melanoma adalah yang paling berbahaya, yang menyebabkan sekitar 75 persen dari semua kematian terkait kanker kulit (American Melanoma Foundation, 2009). Hal ini terjadi dalam sel-sel kulit yang membuat pigmen, dan menciptakan tahi lalat atau lesi yang mengikuti pola ABCDE dalam penyimpangan mereka:
     bentuk asimetris
     penyimpangan perbatasan
     warna
     diameter
     evolusi lesi

gambar jenis jenis melanoma
5. 4 Jenis Melanoma yang paling sering ditemui
- Penyebaran superfisial melanoma: Jenis yang paling umum, lesi biasanya datar, tidak teratur bentuknya, dan mengandung berbagai nuansa hitam dan coklat. Hal ini dapat terjadi pada semua usia.
- Lentigo maligna melanoma: Biasanya mempengaruhi orang tua, melibatkan besar, datar, lesi kecoklatan
- Nodular melanoma: Dapat biru tua, hitam, orreddish-biru, tetapi mungkin tidak memiliki warna sama sekali. Biasanya dimulai sebagai sebuah patch dibesarkan.
- Acral melanoma lentiginous: The sedikitnya jenis umum, biasanya mempengaruhi telapak tangan, telapak kaki, atau di bawah jari dan kuku (AAD, 2010).

6. Kaposi Sarcoma
gambar kanker kulit kaposi sarcomaMeskipun tidak biasanya dianggap sebagai kanker kulit, sarkoma Kaposi adalah jenis lain dari kanker yang melibatkan lesi kulit yang kecoklatan-merah ke biru dalam warna dan biasanya ditemukan pada kaki dan kaki. Ini mempengaruhi sel-sel yang melapisi pembuluh darah dekat dengan kulit. Kanker ini disebabkan oleh jenis virus herpes dan biasanya berhubungan dengan pasien dengan AIDS.

Golongan yang Beresiko Terkena Kanker Kulit
Saat ini ada beberapa jenis kanker kulit, kebanyakan berbagi faktor risiko yang sama, termasuk:
     - terlalu lama terkena sinar UV ditemukan di bawah sinar matahari
     - berada di atas usia 40
     - riwayat keluarga kanker kulit
     - kulit adil
     - transplantasi organ
Namun, orang-orang muda atau orang-orang dengan kulit gelap masih dapat mengembangkan kanker kulit.

Demikianlah artikel tentang Jenis dan Penyebab Kanker Kulit. Semoga artikel tentang penyebab penyakit ini berguna bagi anda.

Jangan lupa kenali Gejala gejala Kanker Kulit sejak Dini
source : http://www.healthline.com/health-slideshow/types-of-skin-cancer#8


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Bokek Traveler, Published at 5:53 AM and have

ADS

..